Saturday, August 18, 2012

ABG SMA Peduli Dengan Malu !

Bagi kalian yang udah pernah ngerasain suka duka, jerit tawa dan jungkir balik di dunia SMA, pasti ngerasa bahwa dunia SMA punya segudang cerita yang gak ada habisnya. Jujur gue sendiri juga ngerasa bahwa masa-masa SMA itu lebih indah dari jenjang sebelumnya. Ngupil dikelas waktu SMA sama ngupil dikelas waktu SMP rasanya beda meeeeen, entahlah. Tapi gue bukan mau bahas beda upil gue waktu SMA sama waktu SMP, tapi bagaimana cara ABG SMA / sederajat jaman sekarang menunjukkan kepeduliannya . ! Bahkan terhadap bangsa dan semua bisa kalian lakuin dari hal yang paling kecil.  

Berhubung menghubungkan hubungan yang dihubung-hubungkan #halah, sekarang kan masih nuansa kemerdekaan tuh. Nah kita harus tetep jaga semangat muda yaaa :3 jangan umur doank yang muda tapi hidup gak punya semangat. MALU WOY MALUUU  . .!! Ngomong-ngomong keMALUan, kalian pernah gak sih ngerasa malu karna sesuatu hal yang positif ???

Untuk yang pada masih sekolah pernah gak sih ngeliat papan BUDAYA MALU disekolah kalian? Gue rasa di setiap sekolah pasti ada papan itu. Tapi sayangnya papan bermakna mutiara itu cuma jadi pemandangan doank. Jangankan untuk nerapin, mungkin yang baca full dari poin 1 sampe terakhir juga ga banyak. Bahkan mungkin ada yang gak pernah baca atau gak pernah tau sama sekali disekolahnya ada papan begituan.

ini dia papannya :)



Nah dari kata “malu” yang sering dipandang negatif aja, lo bisa dapetin sejuta hal yang positif. Pernah gak kalian denger cacian kaya gini : “Di sekolah di didik apasih ?.... kok ngomongnya gak sopan?” atau “Orang ini udah disekolahin tapi kok gak punya etika yaa . . .” ,pasti pernah denger kaaan. Masalah Etika dan Moral, Masalah Pemikiran dan Mental, Masalah Logis dan Otak. Akhirnya semua harus dibalikin lagi ke dunia pendidikan, ke orang-orang yang mendidik. Begitu pula dalam dunia pendidikan, ada hal yang mesti harus di budayakan yaitu BUDAYA MALU, terutama bagi para kaum ABG SMAMasa-masa SMA dimana para remaja merasa paling gawl dengan mencari jati dirinya yang masih labil dan terkadang malah justru ngebuat mereka terjerumus ke dunia yang negatif. Jadi emang gak heran kalo udah bagian yang negatif-negatif di dunia pendidikan gitu jatuhnya emang gak jauh-jauh dari ABG SMA. Mungkin kalian udah pada ngerti ya arti disetiap point dari papan Budaya Malu diatas. Nah sekarang yok coba kita sama-sama sedikit mereview lagi. Disini kita sama-sama belajar dan bukan maksud gue untuk mengGURUi sama sekali ! : )


Malu karna datang terlambat dan tugas tidak selesai tepat waktu
2hal diatas mengajarkan kalian menghargai waktu, terutama untuk yang hobi telat. Hal yang paling dasaaaaar banget yang kalian lakuin di dunia pendidikan. Emmm . . .bayangin deh rumah kalo gak ada pondasinya kira-kira gimana yaaa. Terkadang heran sama temen-temen yang sering telat dan menjadikan itu sebuah hobi. hahaaa. . .nampak konyol sekali bukan. Entah mereka terlalu terbuai sama mimpi terus bangunnya telat, gak pasang alarm atau apapunlah. Banyak dari mereka yang nganggep bahwa jenjang SMA udah gak semestinya diatur-atur lagi. Ayolah bro . . . dari hal kecil itu lo bisa belajar memanage waktu untuk hal yang sangat sederhana dan "terjadwal". Kalo yang terjadwal aja udah telat gimana kalo yang dadakan .hmmmm . .rontok deh tu rambut.

Malu karena melihat rekan sibuk melakukan aktifitas
Coba deh ubah mindset kalian untuk gak jadi siswa yang "biasa-biasa" aja. Apa lo mau nantinya jadi orang ataupun SDM yang "biasa-biasa" aja ?, gak cukup meeeeen. Disaat temen-temen lo sibuk dengan kelas olimpiadenya, sibuk dengan ekstrakurikulernya, sibuk dengan organisasinya, tapi lo sibuk tidur dirumah dan gak punya kegiatan apa-apa. Jelas lo udah ketinggalan dari segala arah. Mereka yang ikut kelas olimpiade ngerelain waktunya untuk terus belajar, yang sibuk ekstra pada ngasah skillnya, yang capek organisasi pada belajar teamwork, yang sibuk tidur yaa cuma dapet mimpi yang entah diraihnya kapan. Kalo gue dulu termasuk yang menyibukkan diri dengan organisasi dan gue gak pernah nyesel pernah ikut organisasi. Gue ngerasain banget sampe gue kuliah, terutama bagaimana menghadapi setiap karakter orang & berbicara didepan umum tentunya.

Malu karena melanggar peraturan dan berbuat salah
Seperti yang gue bilang tadi, kebanyakan ABG SMA itu emang susah diatur dan merasa bahwa dirinya udah gak perlu diatur-atur lagi. Bagi yang emang berpikiran positif gak masalah, tapi untuk mereka yang kelewat gawls yang namanya ngelanggar aturan kayanya udah jadi kebiasaan dan tanpa sadar mereka udah melihara penyakit yang namanya "kebiasaan". Akhirnya juga pasti berujung di kata "Nyesel". Gak mau kan ? Ayo MALU ! 


Malu karna gak berprestasi
Nah ini bagian yang paling penting ! Kemampuan dan daya ingat seseorang emang berbeda-beda, tapi dari dulu gue gak pernah percaya sama yang namanya orang BODOH. Gue percaya Tuhan gak nyiptain makhluknya dengan bodoh dan segala sesuatu yang lo lakuin dan belum berhasil bukan berarti lo GAK bisa tapi BELUM bisa. Gue juga bukan orang yang berprestasi banget tapi setidaknya gue gak pernah ngecewain orang tua dengan yang namanya nilai. Yaaa walaupun lo belum bisa berprestasi sampe tingkat provinsi, tingkat nasional apalagi tingkat internasional. Minimal dikelaslah gak usah jauh-jauh hehee . .kaya gue juga gitu. Tapi kalo cuma ngandelin otak pinter juga gak cukup, lo juga harus disiplin sama diri lo sendiri apalagi sama yang namanya waktu. Berprestasi juga gak mesti harus di bidang akademik kaaan, bahkan hobi lo pun kalo diasah terus bakal jadi sebuah prestasi. 

semua bisa berawal dari hobi :)

tim olimpiade internasional matematika 2011


Dan gue yakin dari temen-temen yang berprestasi diatas udah menerapkan BUDAYA MALU dalam dirinya. Kalo di itung-itung ga ada ruginya kan untuk ngejalanin budaya malu. Kemaluan itu untuk ditutupi, bukan untuk dibanggain apalagi dipamer-pamerin ya kan wkwkwk . . Jangan malu-malu untuk melakukan hal yang baik. MALU lah jika ternyata tidak memiliki prestasi. Buktikan bahwa menjadi ABG SMA lebih membanggakan jika berprestasi dan buktikan ABG SMA Peduli Dengan Malu !



Sekarang pilihan ada ditangan kalian sendiri, mau atau nggak ? : )



Wassalam
Bocah Saico

26 comments:

  1. haha, kita cuma punya dua opsi, budaya malu atau budaya malu-maluin, terserah kita yang mana mau dipilih..

    udah gue masukin ke list project BSO, ges..

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67. Semoga misi BSO untuk menghijaukan keyword "ABG SMA" ini berhasil dan menjadi kado yang spesial di hari kemerdekaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bay ...
      makasi bay padahal gue belom minta tolong lu udah bantuin hehehe ^^/
      iiaaa sedikitnya kita bisa membantu :D

      Delete
  2. aku pilih budaya malu aja ya... takut kalobikin malu-maluin sih... hehhe

    btw, aku follow blogmu ya..
    ditunggu follbacknya.
    blogger pemula nih...
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheee harus malu ! :D
      oke maap yaa baru sempet liat ,
      lg mudik sinyal jelek bgt

      Delete
  3. Kalo malu nggak punya pacar itu termasuk yang mana ges ? -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu takdir masing2 orang yog :D wkwkwk

      Delete
  4. malu karna melanggar peraturan dan berbuat salah
    akuu bangets :p
    suka sama tamilan blognya,
    salam kenal, eh blognya aku follow, follback yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa jgn jadi kebiasaan juga :D
      thanks ^^ okesip laksanakan ;)

      Delete
  5. malu karena terlambat, itu hal paling buat gue malu dan gagal sebagai pelajar, tapi kalo melanggar peraturan dikit-dikit deh biar seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee tapi jangan keterusan yaa nanti kebablasan :D

      Delete
  6. yah, semoga aja budaya malu itu ada pada setiap orang,
    bukan cuma anak SMA.

    ReplyDelete
  7. semoga budaya malu tumbuh di semua jiwa ABG SMA atau para WNI :)
    jadi kalo udah seperti itu kan kita akan selalu memberikan hal yg terbaik untuk bangsa ini hehe
    salam solid kakak :)

    ReplyDelete
  8. oo.. papan budaya malu-malu itu ya, perasaan dulu di sekolah gue juga ada :D
    tapi gak ngeh sama isi dr papan itu. :P

    untung aja di univ gak ada papan ke-malu-malu-an itu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhkan gak ngeh :D iya tiap sekolah pasti ada kok :D
      wkwk =))

      Delete
  9. pilih yang bagus lah bang,,hehe
    jangan sampe malu-maluin,,hehe

    ReplyDelete
  10. hehe.. boleh malu, tapi jangan sampe malu maluin deh... #ampyun.. :D wkwk

    ReplyDelete
  11. Wahhh, gwe juga ikut loh bang yg MILLO SCHOOL COMETITION itu, heheheh #pamer, tapi sayangnya gw cuman 2 kali main dan lgsung 2 kali juga kalahnya -_- kalo gak salah itu ada di 5 kota aja dlu, jadi gwe bangga bgt tuh, bajunya masih gwe simpan lohh heheheh

    ReplyDelete
  12. wah yang ini sangat menginspirasi anak-anak muda..:)

    ReplyDelete
  13. HAhaha ..
    Kalo ke-malu-an gmna kakk ?
    :D

    Boleh nih,, Taruh di mading kampus lo kak..
    Biar semua baca..
    :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...