Thursday, September 6, 2012

Perjuangan KRS Semester 3


Sebelum gue ceritain perjuangan gue nyusun KRS disemester 3, gue mau kasi penjelasan dulu terutama KRS itu apa. Mungkin dari mentemen ada yang masi SMP atau SMA otomatis mereka gak tau KRS itu makhluk atau benda apa. KRS (Kartu Rencana Studi) adalah lembaran nyawa kalian selama 1semester kedepan. Kenapa ? Karena KRS sendiri terdiri dari macam-macam mata kuliah apa aja yang akan kalian tempuh selama 1semester ke depan. KRS bakal kalian dapetin setiap semester. Jadi setiap KRS itu pasti punya cerita dan perjuangannya masing-masing. Dari stres, bingung, galau, gundah gulana, merana, melas aaaaaaaah semua pernah gue rasain padahal sekarang masih semester 3 -_____-

Trus kalo kuliah itu setiap mata kuliah punya yang namanya SKS (Satuan Kredit Semester). Contohnya mata kuliah “Pengantar Ilmu Kejombloan” itu ada 3SKS, berarti dalam mata kuliah itu ada apa yaa hmmm anggap aja nilainya 3 gitu deh ._____. Susah dijelasin. Nah sekarang lanjut ke sistem KRS di kampus gue. Sekarang gue kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Di Fakultas gue itu boleh nyusun KRS sendiri bukan paketan. Artinya setiap semester kita boleh ngambil bebas mata kuliah apa aja yang kita mau asalkan kita udah menuhin syarat dari mata kuliah itu tapi tetep harus konsultasi sama dosen pembimbing. Kalo paketan itu artinya setiap semester mata kuliahnya udah dipaketin sama Fakultasnya jadi udah pasti setiap orang dalam 1angkatan belajarnya nanti sama. Kalo nyusun sendiri itu tiap orang pasti isi KRSnya beda-beda nanti setiap mata kuliah temennya beda lagi beda lagi. Sekelas sama senior yang 2 sampai 3tahun di bawah kita udah jadi hal yang biasa. Di Fakultas gue itu ada aturan bahwa bagi mahasiswa yang IP Semesternya diatas 3,00 bisa ngambil SKS full yaitu sebanyak 24 SKS untuk ditempuh disemester selanjutnya.

Nah langsung aja menuju cerita yang sesungguhnya, pasang erat-erat sabuk pengaman kalian, siapkan amunisi dan hilangkan kegalauan. Jadi semester 2 kemaren IP Semester gue itu 3,21 artinya untuk semester selanjutnya gue boleh ngambil SKS full sebanyak 24SKS. Beberapa hari sebelum KRS’an tiba gue udah coba-coba buat coretan untuk nyusun sendiri dengan jadwal sementara dirumah. Dari perhitungan dirumah pas banget gue udah nyusun 24SKS yang terdiri dari 9mata kuliah. Kemudian saat hari KRS’an tiba, gue udah pagi-pagi banget ke kampus karena mau daftar mata kuliah Aplikom (Aplikasi Komputer) 0SKS. Mata kuliah ini cuma sebagai syarat aja makanya SKSnya cuma 0SKS. Kelas Aplikom cuma dibuka hari selasa pagi, selasa siang, kamis pagi, dan kamis siang. Nah sesuai yang udah gue atur semalem gue cuma punya waktu kosong itu pas hari selasa, karena hari selasa gue cuma 1mata kuliah pagi dan siangnya kosong. Alhasil gue milih kelas selasa siang untuk Aplikom. Oke sampe tahap ini gue udah lega karena semua jadwal udah tersusun tanpa ada yang bentrok.

Lanjut gue nyusun ulang mata kuliah dikampus untuk memastikan lagi mata kuliah yang udah gue ambil semalem. Setelah sharing bareng temen-temen sejurusan ada beberapa mata kuliah yang gue ganti tapi tetep masih 24SKS. Sampe tahap ini gue masih lega 24SKS gue masih bisa gue jaga keperawanannya. Gak lama ada 1 temen yang ngeliat KRS gue, dia nunjuk 1mata kuliah di KRS gue dan katanya itu gak usah diambil. Alasannya kenapa mungkin gak usah diceritain, panjang dan ribet. Intinya gue harus MERELAKAN 1mata kuliah yang udah gue susun untuk hari Rabu siang, yaitu Akuntansi Sektor Publik 3SKS. Alhasil SKS gue sisa tinggal 21SKS. Sedih banget udah capek, panas, galau cuma bisa 21SKS padahal boleh ngambil 24SKS. 1SKS itu berharga banget bagi seorang mahasiswa :').

Loh kenapa gak ngambil mata kuliah yang lain ?

Gak bisa karna hari Rabu siang udah gak ada mata kuliah yang bisa gue ambil lagi. Jadi gue harus rela mentok diangka 21SKS. Dengan tampang pasrah harus nerima kenyataan gue relain. Trus gak lama ada temen yang ngambil Aplikom selasa siang sama kaya gue bilang kalo Aplikom selasa siang DIBATALKAN. DAMN !  :'(((((((((((((((((((( huhuuu . . . bener-bener udah lemes gue langsung ke tempat pendaftaran Aplikom untuk konfirmasi bener atau enggaknya. Ternyata bener karena kelas itu mau udah dibooking untuk apa gitu gak jelas. Pasrah dan akhirnya gue pilih kelas Kamis siang. Setelah gue liat coretan tentang KRS tadi ternyata Kamis siang gue ada mata kuliah Ekonomi Makro 2SKS, karena gue harus mendahulukan Aplikom mau gak mau gue harus batalin Ekonomi Makro karena bentrok sama Aplikom dan alhasil turun lagi dari 21SKS jadi 19SKS meeeeeeen ! Saat itu gue udah ngerasa gak ganteng lagi dan berharap SKS gue gak turun lagi. Kalo turun lagi nanti gue gak lulus-lulus gimana, semua udah wisuda gue masih nangkring jagain kampus. Apalagi gue gak ikut program Semester Pendek jadi gue pengen banget Semester 3 ini Full SKS 24. Tapi harapan itu udah kandas !

Dalam keadaan pasrah gue mau cari dosen pembimbing gue untuk tanda tanganin KRS gue yang udah fix 19SKS. Susah banget nyari dosen pembimbing gue apalagi jabatannya guru besar dan sekarang udah jadi ketua jurusan. Gue inget kalimatnya bang @shitlicious yang bilang “Semakin panjang gelar seorang dosen, akan semakin susah pula mencari tanda tangannya” itu bener banget !!! Derita banget gue punya dosen pembimbing Pak Prof. Mending dosen biasa-biasa aja yang gampang dicari.

Sampe jam makan siang udah lewat tu dosen masih belom ada dikampus. Sambil nunggu gue didatengin lagi sama temen yang ngasi kabar Aplikom dibatalin. Gue berharap ini orang gak bawa kabar buruk lagi, tampang gue udah cukup buruk banget waktu itu. Tapi gue salah dia ngasi kabar kalo Aplikom selasa siangnya TIDAK JADI DIBATALKAN, sambil nungging dan salto gue buru-buru ke ruang Aplikom untuk ngubah nama lagi, gue gak jadi batal Ekonomi Makro 2SKS tadi dan SKS gue balik lagi ke 21SKS, lumayan lega dengan 21SKS. Karna dosen gue gak juga dateng-dateng akhirnya gue pulang dan semua urusan KRS gue titipin di temen yang dosen pembimbingnya sama kaya gue.

Kenapa ? . . . .
Karna besoknya gue udah harus mudik. Lagian urusannya tinggal minta TTD jadi udah gak ada masalah lagi. Besoknya waktu gue siap-siap mudik temen gue itu nelpon kata dosen pembimbing gue BOLEH nempuh Akuntansi Sektor Publik 3SKS !!! Seketika gue langsung bayangin tampang temen gue yang bilang gak boleh tadi pengen gue iket dipohon cabe. Yang namanya jodoh emang gak kemana, 24SKS pun balik lagi ke gue seneng banget !!!! dan inilah dia mata kuliah yang akan gue tempuh di semester 3 nanti :

Hasil KRS yang sudah di input

Gue buat postingan ini dari tanggal 03 September dan baru selesai 1paragraf gue dapet SMS dari temen kalo ada PERUBAHAN JADWAL, jleeeeebbb ! pas banget momentnya. Gue pun langsung ke kampus dan selama perjalanan gue berdoa semoga 24SKS gue gak ternodai lagi. Setelah dikampus ternyata kabarnya cuma ada 1mata kuliah yang pindah ke jam malem. Bzzzzzzzzzzzzzzz . . ! lega banget gak ada perubahan jadwal yang signifikan.

Yaa beginilah derita menjadi seorang mahasiswa, gak tenang kalo belom masuk kuliah kepikiran KRS terus. Apalagi dengan sistem KRS kampus yang kaya gitu. Perubahan jadwal sewaktu-waktu bisa terjadi karena mungkin yang ngambil matakuliah itu sedikit jadi bisa aja tiba-tiba mata kuliah itu dibatalin. Pindah hari ,pindah jam pun bisa terjadi yaaaa walaupun gak segalau pindah hati #eh.

Oke itu dia cerita perjuangan gue di KRS semester 3 ini. Makasi buat mentemen yang udah mau rela kebuang waktunya cuma untuk baca ini sampe abis :’) ini emang gak penting buat kalian. Gue cuma ingin berbagi cerita aja. Thankyou :_)


Wassalam
Bocah Saico

59 comments:

  1. aku aplikom loh sore -_- senin selasa ada kelas yg jam 5 :p
    baru mau buat postingan KRS keduluan deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada yang ngasi tau waktu itu :(
      mbak mbak penjaganya nyolot bgt cuma boleh senin kamis pagi siang :( huh

      Delete
  2. busettt,,, segitu ribetnya yah bang jadi mahasiswa, gwe sebagai calon mahasiswa (insyaallah) jadi takut nih bang. apa yang terjadi dengan ayam gwe, kalo jadwal kuliahnya, bisa berpindah-pindah gitu.

    emang yg nentuin jadwal kuliahnya itu dosennya atau siapa bang, sok banget, ngerombak jadwal kuliahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa iia sebagian keribetan jd mahasiswa -___-V

      yg nentuin sejenis tata usaha gt . mereka memang tidak pernah mengerti perasaan kita :')

      Delete
  3. waduh kayanya itu bikin pusing ya bang mikirin KRS itu? aduh gue gak bisa ngebayangin ._.
    tapi, meski gitu lo kudu tetep semangat ya bang. SEMANGAT ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pusing banget sa :(((((
      nanti rasain deh kl lu kuliah :p
      iaa makasi ya energi nya :))

      Delete
    2. kalo pusing minum panadol aja yah *kenapa jadi iklan?*
      semoga saja gue kuliah gak ngerasain pusing kaya lo gini bang. iya semoga ._.

      Delete
    3. sales panadol ya -___-
      wkwkwk iyadeh se-mo-ga :p

      Delete
  4. bener banget tuh , kemaren jg puyeng gue ngurusin KRS .
    mana mata kuliahnya baru ada hari ini ..
    yah alhasil gue harus bolak-balik ke kampus , itu yg akibatin gue ga ngepost bang :((
    mana dosen pembimbing mendadak kya jarum dlam jerami , susah banget nyarinya ..
    kalo di gue sih sistemnya paketan bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh alasannya karna KRS juga ya :(( huhuuu emang nih KRS resek anak siapa coba . .
      hahaa senasib bgt dosen pembimbing susah dicari XD
      enak yah paketan ngiri dah :(

      Delete
    2. iya bang , KRS itu bikin puyeng ..
      tapi untung sistemnya paketan , jadi ga terlalu ribet dah ..
      iya dosen pembimbing nya ilang gatau kemna :((

      Delete
    3. puyeng pake banget XD
      kemana~ kemana~ kemana~ :|

      Delete
  5. Untung aja KRSku udah dipaketin,,,
    jadii gag susah" buat mondar-mandiri kayak kmu...
    Wahhh,,, kiira" siapa duluan yg sarjana yaa.???
    heheheh,,
    Semangatt,,,,
    Perjalanan masih panjang paakkkk....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak koe -____-
      km duluan deh vin :')
      mumungut :)

      Delete
    2. heehehee,,,
      Tapi kalau kyak kmu mah bner" ngerasaiin jadi Mahasiswa...
      Lah akuuu???
      Tinggal terima ajaa...
      ._.
      ...

      Delete
  6. waaahhh ada jadwal malem juga,,iiihh serem,,hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iya ..gue kan anak reguler (pagi)
      kalo anak ekstensi (malem)
      jadi buat yg udah kerja gt :) tp meskipum malem dikampus ttp rame kok :D

      Delete
  7. baru tahu gue ges ada Ilmu Pengantar Kejombloan, 3 SKS lagi..

    di kampus gue juga gitu ges, nyusunnya sendiri pasti lebih mandiri daripada paketan :)

    untungk masih bisa 24SKS, sayang kalau nyisa, 1SKS itu berharga banget. Tapi gue semester ini nyisa 1SKS, seharusnya 24SKS tapi ada mata kuliah bersyarat makanya ga boleh..

    gue juga ngerasain, tipa semester ceritanya beda-beda kalau lagi ngurus KRS.
    Tinggal ngitung hari jadi anak kampus lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bay lu gak dapet ya :))
      iya bay mandiri pake banget deh tp strez nya itu kadang bikin ERRRRR
      iya bay bener banget !!! 1SKS itu berharga banget :((((
      kita barengan kan kuliahnya XD

      Delete
  8. Semangat dan sukses.

    Wah, kuliah di jurusan Ekonomi Mas Saico ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou bro :)
      iyaaa cita-cita mau jadi bidan :') makanya kuliah di ekonomi :)

      Delete
  9. whahaaha...benar itu ges, KRS memang bikin galau..untung aja gue udh selesai tadi :D

    tapi kalian parah juga ya sistemnya, berarti kalau sedikit yg ngambil dibatalin gitu?? kalau dikampus kami sih 2 orang pun yang ambil tetap dihajar ges, nggak pernah ada pembatalan, kecuali waktu semester pendek...

    btw semangat dan rajin2 study, gue juga mengemban tugas berat nih ambil 24sks :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmn sukses tuh ? XD

      iya gitu mau gmn lagi :( udah aturan dr sononya :(
      wahh gila berdua rame bgt :|

      hahaa siap boss !!! XD iaa pinter2 atur waktu aja sih :)

      Delete
    2. sukses alhamdulillah :)

      gawat juga aturannya, hhe. iya sangat ramai tu, tapi berpeluang besar dapet A :D

      Delete
    3. gawat bgt :| wah gitu ya .___. kirain malah makin susah

      Delete
  10. ciee yang semester 3 hho :p
    gue suka tuh dengan qoute,,, semakin panjang gelar dosen makin sulit juga untuk nemuinnya, jleb banget deh itu -_______-

    ReplyDelete
  11. Dalam dunia perkuliahan emang masalah kayak gituan udah sering terjadi, gak usah dipikirin. Nikmatin aja :)

    Semangat mas brow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang bro :') sedang berusaha menikmati :')
      thankyou ya :)

      Delete
  12. wah panjang juga ya perjuangan ngisi KRS nya..

    aku pernah nggak bisa ngambil 24 SKS, padahal IP di atas 3,5
    soalnya bentrok.. dan g ada yg bisa di ambil lagi. jadi cuma 21 deh. tapi aku selalu ikut SP

    kamu masih semester 3. masa-masa cari IP tinggi. besok klo udh semester2 akhir, susah dapetin ip tinggi.

    semangat yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu malah belum diceritain semua :(

      iya temen2 juga ada yg gt kasian bgt :(
      hahaaa betul itu XD
      thankyou ya :)

      Delete
  13. semangat bang Oges, gue semester ini ambil 22 sks, soalnya kerjaan organisasi udah banyak banget, hiks :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabila udah semester brp ?
      jgn2 sama nih smester 3 XD
      organisasi apa tuh ?
      urusan organisasinya jgn sampe terlalu ngeganggu jg :)
      utamakan kuliah dulu ,gue jg gt kok :) semangat ya :)

      Delete
  14. no komen boss!
    ente mengingatkan saya kembali pada masa2 kuliah

    *membongkar arsip, menggali kenangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa . . . masa kuliah itu . . . . #jleb deh XD

      Delete
  15. ribetnya sistem sks di unud -___- jujur gue selama ni blum begitu paham tentang makna krs dan sks ges. Gue kuliah cuma jalanin aja. Dan tiap ngsi krs gue ngikut tmen aja \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribet bgt emang -____-
      XD LOL lanjutkan yog wkwk

      Delete
  16. BENTAR LAGU GUE LULUS.. GUE AKAN NGERASAIN APA YG LU RASAIN :)

    ReplyDelete
  17. gua maba bang. semoga deh bs dapet ip diatas 3 , doain ya bang

    ReplyDelete
  18. dosen Pembimbingku susah di temukan... bantuan donk.. hehe
    padahal cuma mo minta tanda tangan doank susah banget... :(
    waduh gimana aku semester 2 nanti..
    Ngatur KRS.. semester 1 kan mash otomatis dari ptn nya.. semoga IP pertama saya seperti kakak.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee ya begitulah mereka tidak mengerti perasaan kita :|
      kalo semester 1 sih tenang aja :D kwkw ,,iya amin yaa XD
      lebih tinggi kl bisa :)

      Delete
  19. waduh, panjang banget dah. capek bacanya

    bersambung gak nih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo capek berhenti neduh dulu :p

      bersambung sih sebenernya tp males nerusin masih panjang :D

      Delete
  20. bro lo dapat award liat dimari http://triyan-arief.blogspot.com/2012/09/akhirnya-blog-ini-dapat-2-award.html

    ReplyDelete
  21. Mata bocil jadi kriyek gini bacanya. Ooooooo KRS mengapa kau begitu kejaaaaaaaam. Makin gak sabar jadi MABA oy! Aaaak bang oges bocil makan nih 2 postingan soal KRS bikin deg deg serrr.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...