Saturday, December 8, 2012

Dibalik Sosok Pahlawan, Trans Sarbagita


Gak terasa penghujung tahun udah dateng aja, rasanya baru aja kemaren berdoa untuk resolusi di 2012. Bentar lagi juga udah tahun baru, gimana udah punya gebetan untuk nyambut tahun baru sama-sama belom? Nunggu pergantian tahun bareng, tiup terompet bareng, maen kembang api bareng, suap-suapan kutu juga bareng. Belom yaaaa? HAHAHAAHAHAASAMA. Penghujung tahun ini di Bali cuaca sama hati lagi konek banget nih, sama-sama gak nentu. Ditempat kalian gimana tuh ?. . .

Oia sekitar setahun lalu Bali punya pahlawan baru loh, bukan Superman berkolor ijo ataupun Batman berjubah pink. Apalagi Ultraman yang jago naek elang, bukan !! bukan mereka. Pahlawan ini menerjang pekatnya panas pulau Bali dengan bertajuk “Bali Clean and Green”, dan menopang harapan yang besar untuk perbaikan angkutan umum dan transportasi di Bali. Untuk temen-temen yang tinggal di Bali pasti udah pada tau kan, dia adalah Trans Sarbagita.

Tampilan Luar

Bali Clean and Green

Tampilan Dalam

Yaaa Trans Sarbagita, angkutan umum yang lagi populer dan diperbincangkan di pulau seribu pura. Sarbagita sendiri diambil dari nama 4 kawasan terpadu di Bali yaitu DenpaSAR, BAdung, GIanyar dan TAbanan, sebagai kawasan pariwisata terbaik di Bali dan sekaligus menjadi kawasan yang akan menjadi rute Sarbagita itu sendiri. Trans Sarbagita secara wujudnya emang sama ganteng seperti kakaknya Trans Jakarta. Gak beda jauh cuma bedanya Sarbagita gak punya jalur khusus seperti Trans Jakarta, kasian yaaa. Jalurnya itu jadi satu sama kendaraan-kendaraan pribadi yang salto kayang di jalanan. Alhasil yaa kalian bisa bayangin sendiri, macet masih menjadi suatu monster besar yang harus dikalahkan Sarbagita itu sendiri.

Kenapa tadi gue bilang Sarbagita menopang harapan yang besar untuk perbaikan angkutan umum dan transportasi di Bali? Karena di Bali itu sendiri khususnya di Denpasar, menurut gue sistem angkutan umumnya bisa dibilang yaaaaaah sedikit buruk. Ironis banget emang keadaan kaya gitu bisa terjadi di Denpasar, sebuah kota besar berskala ibukota provinsi yang dipandang secara Internasional. Naah jadi dengan adanya Trans Sarbagita ini menjadi harapan perbaikan angkutan publik di Bali. Bahkan setelah gue baca disini, ternyata Bandara Ngurah Rai di Bali menjadi satu-satunya bandara di Indonesia yang gak menyediakan pelayanan angkutan umum berupa bus. Jadi wisatawan yang membludak hanya dilayani dengan adanya taksi, yaaa tentunya dengan pengeluaran yang lebih mahal dari pada bus.

Waktu awal peluncurannya Sarbagita sendiri masih melayani 1 rute yaitu BatuBulan – Nusa Dua. Tapi belum lama ini udah dibuka rute baru yaitu Kota (Denpasar) – GWK (Garuda Wisnu Kencana) dan rute baru ini ngelewatin kampus gue ! Ada yang menyambut antusias tapi gak sedikit yang biasa-biasa aja. Masalahnya kampus gue itu deketan sama GWK dan itu ada dikawasan Bukit gitu. 75% anak-anak kampus pulang pergi Denpasar – Bukit dan itu butuh waktu sekitar 40menit sampe 1jam perjalanan. Bayangin deh tiap hari gue mesti mendaki gunung lewati lembah demi sebuah pendidikan :’). Tapi kalo udah dijalanin tiap hari yaa kesannya biasa aja sih karna kita udah kebal *LOL.

Mulai banyak anak kampus dari berbagai Fakultas dan kampus tetangga yang mulai memanfaatkan Sarbagita. Dari yang awalnya sepiiiii . . . . . . .banget sampe sekarang harus rebutan kursi untuk dapet duduk-___- . Busnya dateng sekitar 15-20 menit sekali. Udah ademmm gak perlu panas-panas ke Bukit tinggal merem udah nyampe. Kalo untuk berangkat ke kampus mungkin gak terlalu lama ya sejam lebih dikit juga udah nyampe kalo gak macet. Tapi kalo jalur pulang ke denpasar jangan ditanya deh, jarang gak macetnya masalahnya. Apalagi sekarang cuaca kalo udah panas, panaaaaaaassss banget. Trus kalo mendung juga gak merata, disini ujan selang beberapa meter udah panas pekat lagi. Gak lucu kan gue harus kejar-kejaran sama mendung kalo cuaca lagi gak nentu. PHP kelas berat.

Berharap dengan adanya Sarbagita bisa mengurangi kemacetan yaa karna masyarakat mulai beraktifitas dengan angkutan umum. Kalo mau ke tempat-tempat wisata juga lebih gampang gak perlu naek kendaraan pribadi lagi, apalagi panas-panas naek motor goncengan sama doi udah kaya cumi bakar gitu. Karna rencananya Sarbagita bakal melewati sekitar 17rute termasuk ke bandara dan sampe sekarang baru terealisasi 2rute yang gue certain tadi. Cuma butuh 3.500 untuk umum dan 2.500 untuk pelajar. Sejauh ini gue pribadi belom sepenuhnya bergantung sama Sarbagita, cuma sesekali bakal manfaatin pahlawan yang sangat dibutuhkan di pulau tercinta ini. Selain itu Sarbagita juga ramah lingkungan, walaupun sampe detik ini penggunaan Sarbagita belom maksimal setidaknya pemerintah udah mulai berusaha mewujudkan Bali menjadi lebih baik. Terimakasih Sarbagita . . .

Mungkin bagi beberapa orang Sarbagita hanya menambah kemacetan tapi gue yakin dalam jangka panjang akan sangat terasa manfaatnya. Kalo gak seperti ini sampai kapan Bali bakal hidup tanpa pelayanan angkutan masyarakat yang baik. Semoga dengan ini mindset lebih senang berkendaraan pribadi semakin berkurang.


Wassalam
Bocah Saico

93 comments:

  1. Hahahaha,,,, yang salah edukasi masyarakat bro, belum dilatih untk naik angkot, dan saya elum pernah naik, ahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa BETUL . mindset masyarakat disini lebih suka naik kendaraan pribadi :)

      Delete
    2. Kedepan wacananya akan dibangun Infrastruktur Kereta Api, yang hubungkan antar kabupaten... Cocoklah untuk Backpacker,,, :D

      Delete
    3. wah kalo yg itu belom begitu tau sih beritanya

      Delete
  2. Tapi sudah cukup bagus ada program sagita kayak gitu.
    Memang sudah sehrusnya bali sebagai kota wisata kelas dunia punya alat2 transportasi yg nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarbagita neng bukan sagita wkwk
      bali itu pulau neng bukan kota-_- wkwk
      iyaa semoga pariwisatanya lebih baik

      Delete
  3. keren juga sarbagitanya. apalagi rutenya melalui kawasan-kawasan terbaik di Bali.

    tinggal membiasakan aja lagi buat naik angkot biar sedikit mengurangi kemacetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sudah dirancang untuk melewati kawasan terbaik :D
      kalo mau jalan2 lebih gampang >.< gak sabar semua rute cepet jadi
      iya padahal naik ini lebih nyamannnn

      Delete
    2. pasti keren tuh, ga usah lagi gonta-ganti angkot, semuanya udah disedian sama sarbagita :)

      semoga aja cepet kelar dan ga berhenti ditengah jalan.

      Delete
    3. wkwk yg penting gak gonta ganti pacar bay XD
      iya aminn . . kalo berhenti tengah jalan kapan nyampenya donk '_'v

      Delete
  4. di tempat gue ada trans jogja..heheheheee
    keren bang tampilan busnya..adem nyaman dah kalo bisa naek tanpa sumpek di dalem bus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mungkin 1 proyek bus trans :D
      kalo fasilitas emang gak diragukan memberi kenyamanan banget ^^

      Delete
  5. Jangan salah bang di jakarta ,busway aja sekarang juga suka nyerobot jalan lain. Saling berebutan.
    Padahal udah di sediain jalan sendiri.
    Ya mungkin emg masyarakat jakarta susah dibilangin'a

    Semoga bali masyarakatnya gak kaya dijakarta ya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh pukul aja tuh sopirnya wkwkwk . .
      biasanya kendaraan pribadi yg ngambil jalan busway nah ini busway yg nyerobot-_-

      hehee iyaa semoga wisatanya lebih baik :)

      Delete
    2. iya bang makanya gak heran kalo di berita2 sering banget busway nyeruduk pejalan kaki di zebra cross segala macem :D
      mobil pribadi juga sering nyerobot jalur busway bang makanya busway bales dendam nyerobot juga :D


      :) aamiin bang.
      gue jadi semakin bangga sm bali *serius !
      jadi pengen kesanaaa :'(

      Delete
    3. buswaynya bisa nyeruduk ajaib :O
      wkwk bahkan bukan ngambil jalan kendaraan, buswaynya sambil ngambil jalan pejalan kaki -_-wkwkwk serakah bgt
      jd saling bales gitu git XD

      ayo kesini nanti gue temenin ke pantai2 yg cantik2 *uhukkk

      Delete
    4. bukan nyeruduk lagi bang . hahahha
      janagnkan busway, xenia aja nyeruduk sampe belasan orang :D
      terlebih parah lagi deh bus2 jelek suka ngebut2an. apalagi kalo penumpangnya direbut -__-
      hahahaha

      tentram bnaget ya di bali ada pantai . di daerah gue mah boro deh bnag -_-

      Delete
    5. ah lama balesnya -_- gue uddah mampir ngecek balesan lo juga ih jahat

      Delete
    6. guenya gak OL 24jam juga kali=_=

      Delete
  6. waw ballllllli tapi kok namanya sagita , bisnya bisa joget asololey ya xD ?

    ReplyDelete
  7. Gue pernah naik ini . jurusan Denpasar - GWK . Sebenernya gak ada tujuan , cuma mau nyoba aja , habis sampe GWK balik lagi ke dps . sekalian numpang adem *abaikan

    Cuma ini transportasi sepi . ga tau kenapa , mungkin pemikiran masyarakat bali nya aja yang stagnan dan masih GENGSI naik angkutan umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk iyaaa banyak juga yang gitu cuma pengen nyoba aja :3
      kebanyakan emang gitu :(
      tapi sekarang udah mulai rame kok :D

      Delete
  8. waw keren ya bus nya, dipekanbaru ada juga namanya trans metro pekanbaru. Saya belum coba sih, tpi kykny hmpir miriplah dgn sarbagita ini. Sbnrny emg sngt brmnfaat cuma masyrkt lbh suka naik kndraan pribadi. btw jauh ya kekampus lo, 1 jam gilla!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh dipekanbaru udah duluan nih kayaknya :D
      iyaa sbenernya kalo cuma mau ke kantor, kampus bisa aja naik ini kan

      wkwk yaa begitulah :D

      Delete
  9. Seharusnya bis-bis Indonesia di make-over jadi kayak begini nih, tapi sayang pemerintahnya mau kawin dulu -_- eh
    Dan ternyata, Trans Sarbagita ini juga punya adek lho bang di Palembang, namanya Trans Musi, tapi adeknya udah lahir duluan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL:)) wkwkwkk kawinnya cuma sejam :))
      adeknya lahir duluan (?) oke -__-
      jangan2 ulfa belom pernah naek :D

      Delete
  10. Busnya 11 12 sama trans jakarta.

    Kan sebelas duabelas tuh sama trans jakarta. Jadinya masyarakat bali lebih nyaman lah dengan adanya sarbagita ini. Yang kasian mah gue. Gak ada yang kayak ginian di kota gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya adek kakak :p
      hehee emang deya tinggal dmn :D
      masih dalam perencanaan mungkin :)

      Delete
  11. Baca komen-komen di atas..
    Rata-rata di Kotanya udah ada trans(?)..
    Di Mataram belum ada lho.. #BANGGA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkk bersiaplah untuk Trans Mataram B)

      Delete
  12. program yg bagus menurutku..
    jadi hal itu akan membuat masyarakat mau menggunakan transportasi umum sehingga mengurangi kemacetan..
    semoga makassar juga ada kayak gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa cb kalo gak ada ini
      trus penumpangnya make kendaraan pribadi
      duh makin sumpek rasanya :')

      Delete
  13. Aku juga pernah naik itu :3
    *pura pura gak kenal*

    Kalo ke sekolah sih biasanya naik elang '_' disekolah sekarang udah disediain parkir elang lo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee naik sama siapa :O

      saya naik awan kinton :')

      Delete
    2. Sama bruno mars :3

      Kalo cuacanya buruk naik awan bahaya :O
      nanti kamu kenapa napa lagi :3 #eaa-_-v

      Delete
  14. Busnya baguuus.. :D
    kalo di Bandung dibikin Trans Metro Bandung, tapi gagal dan malah mati proyeknya.. -_-;

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh sayang banget pengelolaannya kurang baik mungkin :(
      sama minat penumpangnya jg sedikit...

      Delete
  15. jujur ges. gue gak pernah naek sarbagita -___- hahaha yadeh kapan2 kalo mau kemana gitu nyoba naek. sapa tau ketagihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkk iya yog lain kali mesti nyobain :D

      Delete
  16. wah sama nih sama di pekanbaru...

    tapi disini udah lumayan lama juga munculnya. namanya TRANS METRO PEKANBARU.

    tampilan luarnya beda. tapi tampilan dalem nya sama banget loh... :)
    harganya tiketnya juga sama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sama2 proyek trans :)
      waahh itu udah lama atau baru juga ? :D

      Delete
  17. sama kayak trans jakarta kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara fisik gak jauh beda bang andi :D

      Delete
  18. Semoga transportasi di Bali makin bagus, biar makin banyak wisatawan yg datang :D

    ReplyDelete
  19. Di Medan ada juga. Namanya Damri. Tpi lagi dalam proses, mau berevolution jadi bus TransMedan.
    Gw sbnernya malas bgt naik angkutan umum. Gw gak tahan sama asap rokok. Pngennya muntah dimukak dia tuh. >:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ini angkutan umumnnya bersih loh dan gak boleh ngerokok :)

      Delete
  20. Pengen naek buz tranz sobbb di jakartaaaaa...

    ReplyDelete
  21. kendaraan pribadi memang kadang-kadang bikin tambah macet, padahal dengan adanya sarbagita ini seharusnya pemakain kendaraan pribadi dikurang sehingga kemacetan bisa diatasi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kendaraan pribadi biki semrawut :')
      aminnn semoga bisa membantu dgn adanya ini :D

      Delete
  22. Ini kayak trans jakarta gitu ya?
    kalo di bogor juga ada, namanya trans pakuan. bahan bakarnya dari minyak jelantah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sama :D
      wahh kalo sarbagita gue gaktau pake apa -_-
      tp dibusnya ada tulisan "Bali Clean and Green" :)

      Delete
  23. Hore ... semakin banyak bus jenis trans.

    Trans Jakarta = Busway
    Trans Semarang = BRT Semarang
    Trans Bali = Sarbagita

    Semua ber AC kelihatannya dan hargainnya terjangkau buat umum + fasilitas kebersihan Busnya terjaga.

    Semoga makin banyak di Kota-Kota dan Pulau-Pulau lainnya (@,@)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga Trans jogya, Trans Musi, Trans metro pekanbaru :D

      fasilitas nyaman banget :3
      iya smoga kota2 besar lainnya cepat menyusul :)

      Delete
    2. Trans tv dan trans 7 pun ada.

      Delete
  24. wah mantep juga tuh , kaya lebih keren dari busway aka transjakarta . tapi belom bisa nyobain .-.

    ReplyDelete
  25. sayangnya di surabaya nggak ada kayak gini, adanya cuma bis kota, padahal di jogja ada trans jogja, ada trans jakarta, ada trans musi (palembang), dan sekarang nambah satu trans sarbagita (bali). moga orang bali bisa gunain dg baik dan nggak main vandalis ya Ges

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini malah gak ada bis kota :D wkwk
      disini angkutan umum emang gak populer
      mungkin surabaya bakal menyusul setelah ini :D
      iyaa semoga sarbagita bisa termanfaatkan dengan maksimal O:)
      btw vandalis apaan bang gue gak ngerti :(

      Delete
    2. vandalis itu kayak coret-coret dinding tembok terus rusak telpon umum dlll lah, lah kalo ada ginian ntar ada yg coret2 di sarbagita ( contoh : paijah cinta laila)

      Delete
    3. wkwkk kurang kerjaan banget nyoret2 sarbagita -_- XD
      tp kayanya gak mgkn deh ,ini busnya selalu bersihhhh kinclong bang

      Delete
  26. Gak jauh beda ya ama jakarta, bedanya kaya situ berangkatnya lancar nah di jakarta berangkat pun juga macheeett krn dibarengin anak sekolah, karyawan kerja, mentri berangkat rapat, sby berangkat pidato, dll! Jakarta maklum :( doain yg terbaik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah padahal udah punya jalur sendiri masih bisa macet gitu ya :(
      sangat disayangkan, wkwk segala sby pidato disebutin -_-
      eh tapi iya sih yg pidato sby tp rombongannya bejubel wkwk

      Delete
  27. Patut dicoba nih...liburan akhir tahun sebentar lagi..ho.ho

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan ke bali :)
      sekalian jualan. LOL :))

      Delete
  28. cieeeee cieeee yang angkutannya baru, kapan2 penging conain naik SARBAGITA..
    Tapi benran tuh nambah macet? hadeeww
    perlu ditinjau ulang sistem transportasinya berarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini ke bali mei XD
      gak nambah macet kok :p

      Delete
    2. mau dunk, tar kalau ke situ ditanggung ya semua transportasi dan akomodasinya, gmn? hihihihi

      berharap bisa naik SARBAGITA nich :)

      Delete
  29. setuju... perbaikan segala macem tata kota, transportasi dsb gag akan membawa dampak apa2 jika emang mindset orang2nya terlebih dulu dirombak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa memang yang paling susah merubah mindset terlebih dahulu :D

      Delete
  30. wow keren ni..suka ikut angkutan..asik tidur..hahaha..
    cantik bersih dan aman

    Mau ke bali ah..mau jumpa adik pasha..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk jue tukang tidur :p
      fasilitas terjamin lah hehe

      WKWKK jangan keras2 jue nanti banyak yang dengar aku ni adik pasha :p

      Delete
  31. coba di SAMARINDA ada begituan juga, pasti jalanan bisa lebih teraturm=, gak pada kebut-kebutan, kan enak tingal naik, duduk, sambil twitteran, nyampe tempat tuuan dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa iyaa yam gue dalem bus twitteran doank tau2 udah sampe :D
      semoga deh nyusul bus transnya :3

      Delete
  32. hoho,, samaaa di Kendari cuacanya jg gak nentu.. heee,,
    tp beda,, di Kendari blom ada bus2 yg bgituan,, msh sepi,, kendaraan trbanyak mobil2 pribadi n angkot,, kendaraan gede2 jarang,, palagi di jalan raya utama,, gak ada kendaraan gede,, pdhl jalanannya luas,, heemm,, kyknya emang belum butuh bus umum kyk sabargita,, hoho..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh enak donk jarang ada kendaraan gede :D
      polusinya jg mgkn gak separah disini -_-

      Delete
  33. Keren nih brader! :D
    sayang banget ga di bikin jalur khususnya yaa..
    3 tahun lagi gue ke Bali kayanya cakep nih :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa jalannya gak cukup kalo pake jalur khusus :p
      kalo 3tahun lagi mungkin semua rute udah jadi kali ya :D aminn

      Delete
  34. Wah kalo yang beginian nih harusnya mataram juga punya, besok kasitau gubernur ah biar dibikinin yang beginian ._. Tampilan dalem busnya kewwwlll bray

    ReplyDelete
  35. di pekanbaru juga ada yg kayak begituan ges, namanya TransMetro, kek yg di bilang iva

    ReplyDelete
  36. menambah kemacetan??
    hahahha
    bukan solusi yang pas rasanya, namun jika dilihat dari foto diatas, rasanya tu bus trans keren banget bang apalagi tarifnya yang terjangkau :D
    *saya banget tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan gue udah bilang bang bagi beberapa orang menganggap seperti itu -_-
      tp buat gue sih gak ada hubungannya , walaupun ada sarbagita jalanan juga masih sering lancar. yang buat kemacetan lebih ke pembangunan jalan gitu ~
      karna disini mau dibuat jalan bawah tanah :O

      Delete
  37. kayaknya siap berkunjung ke Bali nih, mau nyobain busnya. hemat, gak pake ribet. :)

    ReplyDelete
  38. Kalau gue ke bali, mau coba sarbagita ahhh, murah banget ongkos.nya. kelihatannya nyaman. salam assolole sob !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buruan kesini mad !!
      apaan salam aselole -_-

      Delete
  39. Berkunjung kawan..makasi atas infonya kawan
    salam sehat,,!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...